Adsensecamp

Web Hosting


Pisang? siapa sih yang gak kenal sama buah yang kuning, manis dan bermanfaat ini?
Selain rasanya yang manis dan enak, ternyata buah ini mengandung banyak sekali zat -zat yang bermanfaat bagi tubuh kitaloh!!
Pisang  merupakan buah dengan sumber gizi yang hampir sempurna karena pisang mengandung enam nutrisi yaitu: air, gula, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Dalam pisang juga terkandung banyak serat dan beberapa  vitamin.

Kandungan Pisang :
Pisang mengandung sekira-kiranya 68% air, 25% gula, 2% protein, 1%, lemak dan minyak, 1% serat Selulosa. Sebagaimana juga ia mengandung pati dan asam tanin, vitamin A (300 IU per seratus gram), vitamin B dengan berbagai jenisnya; B1, B2, B 6, dan 12 (100 mg per seratus gram), persentase yang cukup dari vitamin D. Dan pisang juga mengandung Kalsium (100 mg per seratus gram), Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (potassium), Magnesium, dan Seng.

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan :

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Vitamin A, C, dan B6 yang terkandung dalam pisang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

2. Sebagai Sumber Tenaga dan Energi
Kandungan Gula dalam pisang dengan mudah dapat dicerna dan diubah menjadi sumber tenaga, sehingga sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah. selain itu pisang sangat bagus untuk menghasilkan energi yang instan,  hal ini dikarenakan pisang kaya akan kandungan karbohidrat sehat

3. Menjaga Kesehatan Mata
Dengan mengkonsuimsi setidaknya tiga buah pisang setiap hari dapat menurunkan resiko gangguan pengelihatan karena usia senja atau biasa disebut degenerasi makula.

4. Obat hipertensi (tekanan darah tinggi)
Kandungan kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah terkendali. Kandungan seratnya yang mampu mengikat lemak dapat mencegah terbentuknya plak yang berdampak naiknya tekanan darah.

5. Mencegah penyakit jantung
Vitamin C dan flavonoid pada pisang yang bersifat antioksidan mencegah oksidasi lemak penyebab penyakit jantung. Kaliumnya merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

6. Kesehatan janin
Ibu hamil disarankan makan pisang karena kandungan asam folatnya mudah diserap janin.

7. Mengatasi anemia (kurang darah)
Buah ini juga mengandung zat besi. Dua buah pisang setiap hari, cukup membuat penderita anemia terselamatkan.

8. Mengatasi gangguan pencernaan
Pisang memiliki khasiat antasida serta mudah dicerna sehingga baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam lambung. Penelitian di Inggris terhadap hewan coba, hewan yang diberi makan pisang, dinding lambungnya menjadi lebih kuat. Untuk itu pilihlah pisang yang manis seperti pisang raja. Serat pada pisang melancarkan buang air besar. Vitamin B6-nya membantu meredakan gejala diare.

9. Menurunkan berat badan
Karbohidrat kompleks tidak menaikkan kadar glukosa dengan drastis; juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Asalkan, pisang tidak diolah dalam bentuk banana milk shake, pisang goreng, ataupun kolak. Serat pada pisang juga menurunkan berat badan karena melancarkan proses metabolisme.

1 comments:

  1. tradisi orang jawa, kearifan lokal indonesia
    untuk makanan bayi.....
    bermanfaat banget

    ReplyDelete

Tata Tertib Berkomentar :
1. Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar, baik link hidup maupun link yang mati.
2. No SARA
3. Tidak menggunakan kata-kata yang dapat menyinggung perasaan orang lain, baik admin maupun pembaca

 
Top