Adsensecamp

Web Hosting

Logo bisa berarti identitas berupa sketsa atau gambar yang mengandung suatu arti tertentu. Pada saat ini logo sangatlah populer, bukan hanya perusahaan-perusahaan besar saja yang memilikinya bahkan perusahaan kecil, event, industri rumahan, bahkan blog pribadi sekarang sudah mulai menggunakannya. Memang, tak dipungkiri bahwa logo adalah sesuatu yang sangat penting dalam pngenalan suatu produk kepada masyarakat luas karena dengan keunikan logo inilah produk tersebut bisa mudah sekali diingat oleh konsumen. Semakin baik logo kamu, akan semakin baik pula identitas produk dimata masyarakat.

Berikut ini adalah beberapa ciri logo yang baik :

1. Simple dan umum
Simple yang dimaksud disini adalah tidak berlebihan. Umpamakan saja logo itu seperti wajah kita. Merias wajah ditujukan untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik, namun jika dirias secara berlebihan maka akan terkesan norak dan jelek. Begitu juga dengan logo yang kita buat. Selain itu logo yang simpel akan mempermudah masyarakat untuk mengingat produk tersebut.
Kemudian Umum yang dimaksud adalah logo tersebut jangan sampai mengikuti trend. karena itu akan membuat logo tersebut tidaklah bertahan lama di masyarakat dan perlu di update. jadi usahakan logo tersebut dapat bertahan selama mungkin tanpa harus melakukan desain ulang. Sebab begitu logo kamu desain ulang, berarti kamu juga me-reset ulang ingatan masyarakat akan produk kamu.

2. Menggunakan sedikit warna
Warna yang terlalu banyak dan mencolok akan terkesan membingungkan. Cobalah untuk membuat design logo dengan paling banyak 4 warna, dengan kombinasi yang logis dan enak dilihat. Penggunaan ilmu psikologi warna juga terkadang perlu dalam pembuatan logo.

3. Menggunakan font yang tepat
Meski sederhana, font memegang peranan besar dalam sebuah logo. Masing-masing font membawa image tersendiri. Misalnya, font bergaya klasik akan cenderung terlihat mewah dan formal, sementara font yang berlekuk-lekuk cenderung terlihat playful  dan informal. Ketika membuat design logo, pilihlah font yang paling sesuai dengan image yang ingin kamu tampilkan.

4 Asli
Yang dimaksud asli adalah originalitas dari sebuah logo. Logo itu juga seperti KTP (identitas produk anda). Ya mana mungkin mau digandain?

5. Tidak terlalu abstrak
Selain sebagai identitas, logo juga digunakan sebagai penyampai pesan. Pastikan untuk membuat design logo yang dapat menyampaikan image dan pesan yang diinginkan, tanpa harus mengurangi keunikannya.

6. Dapat diaplikasikan di berbagai medium
Logo yang baik adalah logo kualitas yang baik, dengan artian tidak berubah ketika kita mere-size ukurannya. Gunakan format vector untuk menghindari gambar pecah ketika di-resize.

7. Tidak menimbulkan arti ambigu.
Beberapa logo terkadang ditarik dari peredaran karena ditemukan arti lain ketika dilihat dari sisi yang berbeda. Misalnya logo “Weight Watchers” yang ketika dilihat ternyata tanpa disengaja terselip kata-kata kotor pada logonya.

Kumpulan Situs Pembuat Logo Gratis:

1. CoolText – http://cooltext.com
   
2. FlamingText – http://flamingtext.com
   
3. SupaLogo – http://supalogo.com

4. Pookatoo – http://pookatoo.com

5. Simwebsol – http://simwebsol.com

6. LogoSnap – http://logosnap.com

7. LogoEase – http://logoease.com

8. FlipMyText – http://flipmytext.com

9. LogoMaker – http://logomaker.com

10. FreeFlashLogos – http://freeflashlogos.com

Cukup sekian share dari saya sob, buat yang blognya masih belum ada logonya, boleh tuh dicoba, hehehe

2 comments:

  1. aku setuju semua dengan syarat2 logo yg baik itu gan... :D kebanyakan orang malah nyari yg ribet,, padahal lebih bagus yg simpl karena mudah diingat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, padahal kesederhanaan itu indah dan keren. :)

      Delete

Tata Tertib Berkomentar :
1. Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar, baik link hidup maupun link yang mati.
2. No SARA
3. Tidak menggunakan kata-kata yang dapat menyinggung perasaan orang lain, baik admin maupun pembaca

 
Top