Adsensecamp

Web Hosting


Sobat blogger udah pada tau belum sama Google Panda? Jangan salah mengartikan dari namanya loh sobat, Perlu diingat bahwa Google Panda ini bukan diambil dari nama hewan lucu berwarna hitam putih asal cina loh melainkan dari nama pembuatnya. Jika ingin lebih tau, Yuk disimak dulu postingan kali ini mengenai Google Panda :))

Definisi Google Panda


Google Panda adalah perubahan algoritma yang terjadi pada mesin pencari Google yang bertujuan untuk menurunkan peringkat situs yang berisikan konten copy paste, spam, maupun dengan konten yang tidak berkualitas. Hal ini diharapkan Google Panda dapat menghasilkan hasil penelusuran yang tepat sasaran sesuai dengan topik yang dicari dengan kualitas konten yang tepat.

Selain itu Google Panda juga memperhatikan hal lain yaitu iklan di suatu situs website atau blog. Terlalu banyak iklan, akan memperbesar kemungkinan turunnya posisi situs di SERP. Iklan yang terlalu banyak di posisi atas atau dalam istilahnya Above the Fold juga akan mengakibatkan posisi website pada hasil pencarian juga menurun. Google Panda menekankan pada kualitas isi dari suatu website.


Sejarah Google Panda

  
Seperti telah disebutkan sebelumnya, kata Google Panda ini bukanla nama hewan sobat, melainkan didasarkan atas nama seorang Software Engineer Google Inc yang bernama Navneet Panda, dengan mengambil nama belakangnya maka timbullah nama Google Panda sebagai nama dari Algoritma Mesin Pencarian Google yang baru.

Banyak hal yang dilakukan Google Panda untuk menguji kualitas situs website dan blog. Hal - hal yang dipertimbangkan adalah seperti desain, kecepatan, dan pola kunjungan para pengunjung dari situs tersebut, dan masih banyak lagi. Demi mendapat
kan hasil pencarian yang lebih baik dan relevan, maka Google Panda selalu diperbaiki dengan jadwal update algoritma secara berkala.

Google Panda pertama kali dirilis pada bulan Februari 2011 setelah itu update pertamanya yang dikenal dengan Google Panda Update terjadi pada bulan April 2011. Berlanjut Update Google Panda selanjutnya untuk memperbaiki dan mengembangkan hasil penelusuran yang lebih baik sampai sekarang.

Berikut Google Panda History Update  :

    Google Panda 3.3 pada tanggal 27 Februari 2012
    Google Panda 3.2 pada tanggal 15 Januari 2012
    Google Panda 3.1 pada tanggal 18 November 2011
    Google Panda 2.5.3 pada tanggal 19-20 Oktober 2011
    Google Panda 2.5.2 pada tanggal 13 Oktober 2011
    Google Panda 2.5.1 pada tanggal 09 Oktober 2011
    Google Panda 2.5 pada tanggal 28 September 2011
    Google Panda 2.4 pada bulan Agustus 2011
    Google Panda 2.3 sekitar tanggal 22 Juli 2011
    Google Panda 2.2 pada tanggal 18 Juni 2011
    Google Panda 2.1 pada tanggal 09 Mei 2011
    Google Panda 2.0 pada tanggal 11 April 2011
    Google Panda 1.0 pada tanggal 24 Februari 2011


Cara Mengatasi Google Panda


Banyak cara yang dapat dilakukan sobat blogger dalam menghindari pinalti dari Google Panda diantaranya adalah :
1. Hapus artikel  yang tidak berkualitas dan jarang atau tidak dikunjungi oleh pengunjung. Serta yang paling utama adalah menghapus artikel copy paste di dalam blog Anda.
2. Meminimalkan gadget dan widget yang kurang bermanfaat seperti E-mail Subscriber, Flash, serta hiasan yang tidak perlu.
3. Mengatur tata letak template Anda. Usahakan selalu menggunakan template yang SEO dan sederhana serta yang memudahkan navigasi.
4. Menulis artikel hasil pemikiran Anda sendiri yang bermanfaat dan mendidik.

Demikian penjelasan saya mengenai Google Panda beserta cara mengatasinya. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat blogger sekalian. Dapatkan juga informasi pinalti Google Pinguin disini.

2 comments:

Tata Tertib Berkomentar :
1. Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar, baik link hidup maupun link yang mati.
2. No SARA
3. Tidak menggunakan kata-kata yang dapat menyinggung perasaan orang lain, baik admin maupun pembaca

 
Top