Adsensecamp

Web Hosting

Blogwalking? Udah gak asing lagi kan sobat blogger? Blogging tanpa blogwalking, gak lengkap lah? Oke untuk artikel kali ini saya ingin share banyak ni sob tentang blogwalking, jadi selamat menikmati ya!! Dan sebelumnya saya ingin meminta maaf untuk para sobat blogger jika kata-kata saya ada yang menyinggung, kaena artikel ini murni sebagai bahan untuk menambah pengetahuan saja demi kebaikan para sobat blogger sekalian



Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog lain, Kemudian meninggalkan komentar disana. Memang blogwalking merupakan hal yang tidak jauh dari blogger, sebab blogwalking memang punya banyak manfaat. Selain sebagai ajang untuk mencari backlink, blogwalking juga dapat mempererat silaturahim dan hubungan antar blogger di internet.

Namun yang memprihatikan adalah sebagian blogger masih banyak yang belum tahu bagaimana cara blogwalking yang baik dan benar. Bahkan menyalahgunakan kegiatan blogwalking untuk sesuatu yang bisa merusak brand dari blog mereka sendiri.

Cara blogwalking yang benar:

1. Tentukan Niche Blog Anda

Direkomendasikan bagi Anda untuk memprioritaskan blog yang topiknya relevan dengan blog Anda ketika sedang melakukan blogwalking. Kenapa harus seperti ini?

Tujuannya adalah untuk mendapatkan backlink yang relevan. Selain itu blogwalking ke blog yang relevan juga memudahkan Anda untuk berinteraksi dan memberi komentar berkualitas. Misal blog Anda berisikan tentang linux, maka Anda bisa blogwalking ke blog yang membahas tentang Operating system. Karena memiliki topik yang sama sehingga komentar akan lebih jelas dan nyambung. Kemudian bandingkan jika blog Anda adalah tentang kesehatan wajah, tetapi blogwalking ke blog tentang blogging atau SEO. Gak nyambung kan?

Maka sebagai langkah pertama adalah menentukan niche (bidang) blog Anda terlebih dahulu. kemudian carilah blog-blog yang relevan dengan blog Anda. Selanjutnya, Anda tinggal blogwalking ke blog-blog yang sudah Anda tentukan tadi.

2. Menulis Komentar Berkualitas

Komentar yang Berkualitas biasanya memiliki kriteria sebagai berikut :
  • Gunakan nama jelas Anda (Bisa menggunakan full name ataupun nama panggilan). Tetapi jangan sampai Anda pakai nama suatu produk, atau  kata kunci dari blog Anda. Jika Anda coba-coba memakai nama produk/kata kunci blog Anda, bersiaplah komentar Anda akan dihapus. Penggunaan kata kunci pada nama, mulai mengindikasikan tindakan spam.
  • Berikan opini Anda. Baca keseluruhan artikel dan pahami isinya maka tentu saja ide atau inspirasi mulai bermunculan di kepala Anda. Nah ungkapkan opini yang Anda dapatkan pada kotak komentar. Tuliskan saja apa yang ingin Anda sampaikan dengan cara yang sopan dan tidak menyinggung.
  • Sampaikan kritik/saran jika ada. Misal Anda tidak suka dengan gaya menulisan pemilik blog ataupun Anda punya saran untuk desain dan tampilan blog agar lebih SEO? Maka sampaikanlah hal itu dalam komentar Anda. Komentar yang jujur dan bersifat membangun pasti akan diterima oleh para blogger.
  • Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Maksutnya adalah tidak menggunakan kata-kata yang alay dan yang dapat menimbulkan salah tafsir. Tidak harus formal dan baku, yang terpenting adalah pemilik blog bisa mengerti akan maksud dari komentar Anda.

3. Bangun Relasi dengan Pemilik Blog Dikunjungi

Blogwalking bukan hanya sekedar mengunjungi blog dan memberikan komentar. Berusahalah membangun relasi dengan pemilik blog yang Anda kunjungi. Bisa dengan meng-add Facebook si pemilik blog, follow Twitter, dan hubungi pemilik blog tersebut via email. Hubungan yang lebih intens dengan si pemilik blog bisa membantu kita mendapatkan relasi baru. Selain itu banyaknya teman akan mempermudah kita mendapatkan pengunjung setia dan promosi gratis, hehehe

4. Hindari Hal-Hal yang Dapat Menggangu Pemilik Blog

Mungkin ini adalah hal simple namun sangat mengganggu ketentraman pihak pemilik blog. Seperti memberi komentar dengan :
  • Menyertakan link langsung (live link) pada komentar. Karena ini bisa diartikan sebagai tindakan spam.
  • Promosi secara terang-terangan. Jangan pernah berpromosi lewat komentar, jika tidak bersiaplah komentar Anda akan berakhir di folder trash suatu blog.
  • Mengemis-ngemis lewat komentar. Seperti misalnya “gan,.. tolong kunjungi balik blog saya ya..” atau seperti ini “keren gan.. saya tunggu kunjungan baliknya…”. Perhatikan penggunaan kata-kata semacam tadi kurang keren di mata sobat blogger. :). Ingat sob, ini bukan social media seperti fb atau twitter, jadi diusahakan untuk tidak seperti itu ya.
  • Komentar tidak berkualitas. Misal seperti “nice info gan”, “artikelnya bagus gan..” dan sebagainya. Usahakan untuk menambahkan beberapa kata atau kalimat yang berkualitas relevan terhadap isi artikel. Karena waktu para blogger terlalu berharga untuk menanggapi komentar semacam ini.

Semoga Artikel yang saya tulis ini bermanfaat dan mudah-mudahan artikel ini bisa menambah pengetahuan para sobat blogger sehingga untuk kedepannya kita bisa saling blogwalking dengan baik dan benar tanpa adanya menyinggung persaan sedikit pun.

29 comments:

  1. Setuju ane sama agan, suka kesel juga sama orang yang komennya gak bermutu, apalagi yang promosi, langsung delete aja sama ane :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sob, tujuan sebenarnya dari adanya komentar itu kan dibuat untuk membangun, jadi ya diusahakan untuk saling mengkritik dan memberi saran.

      Delete
  2. sangat bermanfaat sob,,,

    ijin save page,

    ReplyDelete
  3. Menurut ane biar dapet banyak backlink lebih baik blogwalking kemana aja jga boleh, karena pas di orang lain search di google blog kita ikutan muncul di kolom komentarnya.
    www.jordanvengeance.com

    ReplyDelete
  4. Postingan yang bagus

    ReplyDelete
  5. boleh juga caranya :D
    jgn lupa gan mampir balik :D
    Andrekocak Blog

    ReplyDelete
  6. Setuju. Sering kesal sama yang komen ngak jelas. hehe

    ReplyDelete
  7. info yang bermanfaat gan untuk saya yang baru blogwalking

    ReplyDelete
  8. Hampir aja kepikiran buat sebar link lewat blogwalking. Tapi Untung udah baca artikel ini, jadi berubah pikiran.... :d

    ReplyDelete
  9. Semoga artikel ini selalu bermanfaat gan, kunjungi blog saya juga ya gan http://oshable.blogspot.com | Webs and Apps.

    ReplyDelete
  10. Search di google bagaimana cara blogwalking yang benar, akhirnya mampir di blog ini, terimakasih sarannya, dan sementara kami belum punya kritik dan saran, maklum masih newbei

    ReplyDelete
  11. thank gan artikelnya sangat bermanfaat,
    ane baru tw
    ane bloger pemula hehehe
    udah ada software & tips ,trik lainnya :D
    kunjung balik ya gan http://s4gus.blogspot.com
    Mohon Kunjungannya
    Game lengkap Juga

    ReplyDelete
  12. trimaksi gan sudah memberikan hal-hal yang sangat bermanfaat bagi saya.


    Blog Personal Untuk Mahasiswa

    ReplyDelete
  13. makasih mas tipsnya
    http://acemaxs31.com
    http://apotekgumilar.com
    http://acemaxs86.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. :-b terlalu...gak memperhatikan kata ustad diatas ya?? :-t

      Delete
  14. apakah blogwalking itu harus sesuai dengan niche blog kita sendiri? masalahnya, saya memiliki niche blog lain dan saat ini saya ingin mengetahui tentang blogwalking. apakah saya tidak boleh bertanya di blog yang berniche lain untuk menambah wawasan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sih mbah google lebih suka begitu gan. saling berkunjung di blog teman yang topik blognya sama

      Delete
  15. bermanfaat sekali yaa
    salam kenal sesama blogger
    jika sempat search google :

    komunitas hobi fotografi informasi beragam

    ReplyDelete
  16. tips yang bagus gan dan mudah di pahami.
    oya gan cara mengunjungi blog teman atau yang sesama bloger blogspot gimana ya gan, apa kita cari sendiri d google, maklum gan saya baru pemula :-d

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. terima kasih atas pengetahuannya, tpi ada sedikit saran sih untuk yg pemula sepertinya harus di detail lagi penjelasannya tentang blogwalking

    ReplyDelete
  19. Bisa diterapkan nih, nambah pengetahuan.

    ReplyDelete
  20. Coba diterapkan
    www.webillian.com

    ReplyDelete

Tata Tertib Berkomentar :
1. Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar, baik link hidup maupun link yang mati.
2. No SARA
3. Tidak menggunakan kata-kata yang dapat menyinggung perasaan orang lain, baik admin maupun pembaca

 
Top